24 Juni 2022 / 25 Dzulqaidah 1443
Masjid Imam Syafi'i Banjarmasin
Seseorang wajib mengetahui tentang Tuhannya. Seseorang mengenal Tuhannya dengan ayat dan makhluk Nya.
Maksud ayat didalam pembahasan ini adalah makhluk, bukan ayat dal Alquran.
Sehingga makhluk disebut 2 kali, karena kebiasaan tatanan dalam bahasa arab.
Pergantian siang dan malam adalah makhluk. Dan ini sebagai tanda keberadaan Allah.
Langit, bumi, matahari, bulan, siang, dan malam. 6 makhluk yang luar biasa. Allah bersumpah dengan makhluk tsb.
Penciptaan langit dan bumi menjadi pembahasan para ulama.
Allah menciptakan langit dan bumi selama 6 hari. Sebagian ulama berpendapat 6 hari tsb sama dengan 6 hari dunia. Sebagian ulama yg lain berpendapat 6 hari tsb adalah 6 hari di sisi Allah.
Allah mampu menciptakan langit dan bumi dalam sekejap.
Allah mulai penciptaan langit dan bumi adalah hari ahad dan berakhir di hari jumat.
Para ulama berpendapat, Allah menciptakan bumi terlebih dahulu, baru kemudian langit.
Allah melarang sujud kepada matahari atau bulan. Sujudlah kepada yang menciptakan keduanya.
Allah menciptakan langit dan bumi, kemudian bersemayam di atas Arsy.
Arsy adalah makhluk Allah. Dan merupakan makhluk Allah yang paling besar dan paling tinggi.
Arsy juga merupakan atap nya surga.
Surga firdaus adalah surga paling utama dan yang paling tinggi. Diatas surga firdaus adalah arsy Allah.
Arsy adalah makhluk Allah yang paling berat di alam semesta.
Ahlussunah meyakini Allah bersemayam di atas arsy, namun tidak sama dengan bersemayamnya makhluk.
Arsy tidak hancur dihari kiamat.
Ahlussunah tidak ada yang mengingkari bahwa Allah berada di atas arsy.
Para kaum belakangan lah yang mencoba mengingkari arsy Allah. Para kaum yang dimulai setelah abad ke-7.
Kata Tabarak adalah kata kekhususan untuk Allah, tidak boleh disandarkan kepada makhluk.
Allah adalah yang berhak disembah.
Orang musyrik jahiliyah zaman dahulu mengakui adanya Allah.
Orang jahiliyah zaman dahulu mengingkari sebagian perbuatan Allah (rububiyah), seperti mengutus rasul, menurunkan Alquran.
Orang jahiliyah zaman dahulu disebut kurang tauhid rububiyah nya.
Orang yang kurang tauhid rububiyah nya tidak dikatakan syirik. Tauhid rububiyahnya tidak sempurna.
Yang diperangi oleh nabi adalah kaum jahiliyah yang syirik dalam tauhid uluhiyah.
Allah berhak disembah karena Allah maha sempurna. Allah dinisbatkan kesempurnaan. Tidak dinisbatkan kekurangan.
Tauhid rububiyah menghantarkan kepada tauhid uluhiyah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar